Persiapan homeschooling


Setelah paham pengertian homeschooling dan tahu apa bagaimananya tibalah saatnya mengaplikasikan ilmunya namun dari mana memulainya ? masih banyak diantar kita masih ragu. memang banyak tantangan dan hal-hal yang perlu dipersiapkan sebelum betul betul menerapkan homeschooling bagi anak kita.

Berdasarkan pengalaman kami bersama 5 anak homeschooler ditambah pengetahuan dari berbagai seminar dan referensi kami simpulkan persiapan homeschooling dibawah ini :
1.  Persiapan pribadi orang tua ; yaitu siap menerima resiko atas pilihan menjalankan homeschooling, baik resiko yang menyenangkan maupun tidak. Hidup adalah pilihan dan setiap pilihan punya peluang dan tantangan.
2. Kesepakatan kedua orangtua; ini sangat diperlukan dalam menjalani proses homeschooling dan menghadapi tantangan maupun peluang agar tidak terjadi saling menyalahkan ataupun membanggakan diri atas apa yang terjadi.
3. Kondisikan anak agar mencintai homeschooling; dengan memberikan gambaran yang benar, kelebihan jika menjalani homeschooling. Gali kekurangan/resiko darinya jika anak sudah bisa diajak berdiskusi.
4. Perlu datang ke Dinas Pendidikan di Kota/Kabupaten untuk mendapatkan keterangan tentang  homeschooling diwilayah setempat apakah ada data praktisi homeschooling, komunitas atau bahkan lembaga yang menaunginya.
5. Tambah pengetahuan dan wawasan tentang homeschooling dan parenting.
6. Gabung dengan komunitas homeschooling di wilayah setempat jika ada. Ini bisa dilakukan walau belum menjadi praktisi homeschooling. bahkan begitulah sebaiknya.
7. Mulailah secepatnya. Kita tidak akan merasakan tantangan dan peluangnya sebelum melaksnakannya. sungguh mengetahuai tidak sama dengan merasakan. Semua akan berjalan dengan indahnya.

Untuk sementara 7 hal itulah persiapan homeschooling. Jika Bapak/ibu/sodara-i punya persiapan lain silahkan berbagi pada komentar dibawah ini. isnyallah banyak manfaatnya.

"Sebaik-baik manusia adalah yang lebih bermanfaat bagi manusia alinnya."


Tidak ada komentar

Diberdayakan oleh Blogger.