Cara Membuat Daftar Pustaka Otomatis

Lama tidak menulis, ditanya teman abi , " bagaimana cara membuat daftar pustaka supaya otomatis mas ? sempat kelabakan, sambil mengingat igat skripsi dan buku Perokok Sukses ku sedikit tersingkap footnote dan endonote. ternyata beda dengan Daftar Pustaka.
Nah sekalian buat catatan untuk pembelajaran saya dan anak anak dirumah kupostlah disini.

Pada dasarnya Daftar pustaka adalah informasi referensi yang dikutip di karya ilmiah (buku, jurnal dan sejenisnya). Daftar pustaka berisi nama penulis, tahun tulisan, judul tulisan, kota penerbit, dan identitas penerbit.

Berikut cara membuat daftar pustaka otomatis di Microsoft Words:

1. Buka file / dokumen karya ilmiah Anda, cari kutipan yang ingin Anda buat daftar pustakanya.

2. Memasukkan sumber kutipan
Setelah menemukan kutipannya, arahkan kursos pada bagian akhir kalimat kutipan tersebut, klik dan biarkan kursor berada disitu, Kemudian  buka menu 'References', lalu klik 'Insert Citation' dan 'Add New Source'


3. Mengisisi Informasi Sumber Kutipan

Setelah melakukan langkah 2, akan muncul  kotak seperti diatas untuk mengisi informasi sumber kutipan. silahkan diisi sesui yang ada sesuai dengan sumber kutipan Anda.

4. Membuat Halaman Daftar Pustaka
Buatlah halaman Daftar Pustaka di dokumen karya ilmiah Anda. Letakkan kursor pada baris pertama dimana Anda ingin meletakkan urutan daftar pustaka Anda.
kemudian klik Bibliography pada menu 'References' dan pilih 'Insert Bibliography'


Informasi sumber kutipan yang sudah Anda isi akan otomatis muncul di halaman Daftar Pustaka Anda.
5. Mengupdate Daftar Pustaka
Apabila Anda menambahkan sumber kutipan lain jangan lupa untuk selalu mengupdate di halaman Daftar Pustaka. Caranya dengan mengarahkan kursor ke Daftar Pustaka yang telah ada, maka akan terblok warna abu-abu, langsung saja klik kanan lalu pilih 'Update Field'

6. Daftar pustaka telah ditambahkan

 Dengan cara ini Anda tidak perlu susah-susah menuliskan secara manual dan mengatur format daftar pustaka karena tools dari Microsoft Word akan membantu Anda membuat daftar pustaka secara otomatis.

Segala puji bagi Allah yang telah memberi baunayak kemudahan kepada kita.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Follow by Email-desc:Subscribe for Free to get all our newest content directly into your inbox.