Kandungan kimia pohon bidara


Komposisi kimiaTanaman ini telah diteliti secara luas dan telah diketahui komposisi kimianya. Konstituen utama dari minyak esensial adalah alpha-terpineol (16,4%) dan linalool (11,5%). Hidrokarbon netral dalam bentuk n-pentacosane adalah (81%). Metil ester yang diisolasi dari daun termasuk metil palmitat, metil stearat dan metil miristat. beta-sitosterol, asam oleanolic dan asam maslinic adalah aglikon utama dari glikosida terdapat dalam daun bidara.Kandungan gula dalam daun bidara adalah laktosa, glukosa, galaktosa, arabinosa, xilosa dan rhamnosa, dan juga berisi empat glikosida saponin. 

Kandungan flavonoid tertinggi ditemukan dalam daun (0,66%). Terdapat kandungan quercetin 3-O-rhamnoglucoside 7-O-rhamnoside yang merupakan senyawa flavonoid utama pada semua bagian tanaman. 

Komposisi kimia tanaman bidara terbukti sangat kompleks dan lengkap, selain alkaloid, terdapat zizyphine-F, jubanine-A dan amphibine-H, sebuah peptida baru alkaloid spinanine-A telah diisolasi dari kulit batang pohon bidaraSpinanine-A adalah salah satu dari 14 jenis cyclopeptide alkaloid jenis amphibine-B.


The polyphenols of Yemeni plants telah melakukan uji coba dengan ferrylmyoglobin untuk menentukan kandungan antioksidan daun bidara. Yaitu untuk mengurangi degradasi oksidatif. Efek pertahanan dari saponin pada daun bidara dari cultured myocardial yang terkena anoxia-reoxygenation ditentukan dan ditemukan bahwa peroksidasi lipid (lemak) berkurang.

Dengan kandungan dan komposisi kimia sebagaimana diatas, daun bidara bisa digunakan sebagai bahan makanan, bahan kosmetik, bahan farmasi, dan masih banyak manfaat yang lainnya. 
segala puji hanya untuk Allah yang telah menciptakannya dan memberi kelebihan padanya.

Ref :
http://bidara-sidr.blogspot.co.id/2013/02/kandungan-kimia-daun-bidara.html?m=1

1 komentar:

  1. Saat ini orang mulai menyadari akan pentingnya kembali ke alam / kembali ke yang alami. Salah satunya ialah tanaman alami herbal yang ada di sebutkan dalam al qur'an
    karena tidak semua tanaman herbal alami di sebutkan dalam Al Qur'an. Yang paling terkenal di sebutkan dalam Al qur'an adalah daun bidara. Apakah daun bidara itu ?
    Tidak semua kaum muslimin dan muslimat mengetahui apa itu daun bidara atau pohon bidara atau pohon surga. Daun tersebut
    banyak sekali kegunaannya, sesuai dengan sunnah Nabi Muhammad SAW, manfaat daun bidara dapat di lihat / dibaca di website:
    http://tanamanalamiherbal.blogspot.com

    Khusus Kota Pekanbaru tidak perlu ongkos kirim karena lokasi pembibitan dari mulai biji sampai besar / layak jual di Kota Pekanbaru

    BalasHapus

Diberdayakan oleh Blogger.