Binahong dan Khasiatnya

Nama umum
http://tokobidara.blogspot.co.id/2016/05/blog-post_3.html#.VznrIeQRVrQIndonesia:    Binahong
Inggris:    heartleaf madeiravine, madeira vine
Cina:    teng san chi
   
Nama Daerah
Binahong, gandoa (sunda), gendola (bali), lembayung (minangkabau), uci-uci (jawa), kandula (madura), tatabuwe (sulawesi utara)
http://tokobidara.blogspot.co.id/2016/05/blog-post.html#.VznqwuQRVrQ
Klasifikasi
Kingdom: Plantae (Tumbuhan)
     Subkingdom: Tracheobionta (Tumbuhan berpembuluh)
         Super Divisi: Spermatophyta (Menghasilkan biji)
             Divisi: Magnoliophyta (Tumbuhan berbunga)
                 Kelas: Magnoliopsida (berkeping dua / dikotil)
                     Sub Kelas: Hamamelidae
                         Ordo: Caryophyllales
                             Famili: Basellaceae
                                 Genus: Anredera
                                     Spesies: Anredera cordifolia (Ten.) Steenis

Deskripsi
Berupa tumbuhan menjalar, berumur panjang (perenial), bisa mencapai panjang +/- 5 m. Akar berbentuk rimpang, berdaging lunak. Batang lunak, silindris, saling membelit, berwarna merah, bagian dalam solid, permukaan halus, kadang membentuk semacam umbi yang melekat di ketiak daun dengan bentuk tak beraturan dan bertekstur kasar. Daun tunggal, bertangkai sangat pendek (subsessile), tersusun berseling, berwarna hijau, bentuk jantung (cordata), panjang 5 - 10 cm, lebar 3 - 7 cm, helaian daun tipis lemas, ujung runcing, pangkal berlekuk (emerginatus), tepi rata, permukaan licin, bisa dimakan. Bunga majemuk berbentuk tandan, bertangkai panjang, muncul di ketiak daun, mahkota berwarna krem keputih-putihan berjumlah lima helai tidak berlekatan, panjang helai mahkota 0,5 - 1 cm, berbau harum. Perbanyaan Generatif (biji), namun lebih sering berkembang atau dikembangbiakan secara vegetatif melalui akar rimpangnya. 

Histori
Tumbuhan binahong ini aslinya berasal dari kawasan Afrika timur dan Madagaskar kemudian menyebar ke berbagai kawasan tropis. Binahong memiliki 2 variasi dari tanaman ini yaitu Basella alba yang memiliki daun hijau gelap dan basella rubra yang memiliki batang dan tulang daun yang berwarna merah. Keduanya merupakan tumbuhan herba, merayap atau memanjat.

Manfaat Binahong
Tanaman liar pemanjat ini sering dibudi daya sebagai sayuran semusim. Daunnya dapat disayur, sedang buahnya bila diperas mengeluarkn warna merah yang dapat digunakan untuk mewarnai bahan makanan. Kemampuan tumbuhnya yang cepat dan produktif menjadi alasan utama dijadikannya tanaman hias, sayur daun di halaman-halaman rumah.

Daunnya merupakan makanan yang baik digunakan sebagai sumber kalsium, besi, vitamin A dan C, sehingga tak heran bila dijumpai pada sup atau masakan sayur mandarin di China dan negara-negara Asia lainnya. Selain itu sering pula ditanam untuk dirambatkan pada pagar atau pergola sebagai tanaman hias di depan rumah.

Khasiat Binahong

1. Binahong untuk meningkatkan daya tahan tubuh.
Zat anti mikroba yang pada daun herbal binahong ini mempunyai sifat yang sangat reaktif pada kuman sehingga bisa membantu untuk mengatasi masalah luka bakar dan untuk membantu mengurangi keluhan dan gejala akibat benda tajam. Asam askorbat yang ada di dalamnya juga mempunyai manfaat sebagai penambah zat antibodi sehingga bisa membantu meningkatkan daya tahan tubuh seseorang dan untuk membantu mempercepat penyembuhan pada berbagai macam penyakit. Kandungan flavonoid yang ada di dalamnya dan kandungan antioksidannya bisa membantu menangkal radikal bebas

2. Binahong untuk Asma
Bahan : 7 lembar daun binahong segar dan 2 gelas air
Cara membuat : cucilah terlebih dahulu daun binahong kemudian direbus dengan menggunakan 2 gelas air. Tunggu sampai mendidih dan ramuan yang tersisa hanya tinggal 1 gelas saja.
Cara minum : untuk pengobatan asma maka bisa diminum 1 kali dalam sehari

Binahong Obat Radang Ginjal
Bahan : 7 lembar daun binahong dan 2 gelas air
Cara membuat : cucilah terlebih dahulu daun binahong, dan setelah itu rebuslah dengan menggunakan 2 gelas air, kemudian tunggu sampai mendidih dan biarkan sampai air rebusan yang tersisa hanya tinggal 1 gelas saja.
Cara minum : minumlah 1 kali sehari untuk pengobatan radang ginjal

3. Binahong untuk patah tulang
Bahan : 10-20 lembar daun binahong dan 3 gelas air
Cara membuat : cucilah terlebih dahulu daun binahong, dan kemudian rebuslah daun tersebut dengan menggunakan 3 gelas air dan biarkan sampai air rebusan yang tersisa hanya tinggal 2 gelas saja
Cara minum : untuk pengobatan patah tulang minumlah ramuan ini 1 kali dalam sehari

4. Binahong untuk menjaga kesehatan tubuh
Bahan : ambil 1 lembar daun binahong dan 2 gelas air
Cara membuat : cucilah terlebih dahulu daun binahong dengan menggunakan 2 gelas air, kemudian rebuslah daun tersebut sampai mendidih dan sampai air rebusan yang tersisa hanya tinggal 1 gelas saja
Cara minum : minumlah 1 kali dalam sehari untuk menjaga kesehatan tubuh.

Bibit Binahong bisa diperoleh diSINI (tokobidara.com)
http://tokobidara.blogspot.co.id/2016/05/rp-20.html#.VznlfuQRVrQ

Semoga bermanfaat







_________
Referensi :
- http://www.plantamor.com/index.php?plant=1387
- http://binahong.org/binahong-dan-khasiatnya/
- https://arifsuryawan76.wordpress.com/2013/06/14/kata-baku/
.

Tidak ada komentar

Diberdayakan oleh Blogger.