Okra, sumber serat kaya manfaat


Disudut kota ini dekat simpang empat Bontang Kuala ada penginapan "Okra liave" sekilas mirip Hotel Oak three.  di kebunbidara.com juga ada koleksi tanaman Okra bahkan kami juga menyediakan bibitnya.

Memang, Okra memang belum begitu popular, namun negara-negara di kawasan Asia Tengah maupun Asia Selatan,  tanaman ini sudah begitu popular dan bahkan sudah banyak penggemarnya. Okra merupakan sayuran buah yang dapat diolah menjadi beragam makanan lezat dan berkhasiat bagi kesehatan. Menanamnya pun mudah dapat dilakukan di lahan sempit atau dala pot.

Okra yang dikenal dalam bahasa latin  Abelmoschus Esculentus,  termasuk tanaman genus Hibiscus darifamili Malvaceae ( kapas-kapasan). Tanaman ini popular dengan istilah Lady's Finger (jari gadis) karena bentuk buahnya yang panjang dan meruncing di bagian ujungnya, seperti jari-jari lentik gemulai seorang wanita cantik.

Okra berasal dari Benua Afrika dan dibawa ke Amerika sekitar 3 abad lalu oleh para budak Afrika. Saat ini tanaman okra sudah dikenal luas di berbagai negara di Asia, eropa, dan Australia. Bahkan masakan berbahan dasar okra sangat populer di Sri Langka, Jepang, Philipina, Arab Saudi dan Eropa. 

Kandunga Gizi Okra

Okra merupakan tanaman kaya protein dan serat.  Serat sangat penting bagi tubuh karena dapat mencegah konstipasi ( susah buang air besar ), obesitas, hiperkolesterolemia ( kolesterol tinggi ), diabetes ( kencing manis), dan kanker kolon ( usus besar). Fermentasi serat oleh bakteri usus yang menguntungkan ( bakteri asam laktat) akan menurunkan pH di usus besar, sehingga dapat menekan perkembangan kanker kolon. Selain serat, okra juga mengandung glutation. 

Kandungan minyak yang terkandung pada biji okra sebesar  40%. Minyak biji okra kaya akan asam lemak tak jenuh seperti asam oleat dan asam linoleat. Buah okra mengandung protein sebesar  yaitu 3,9% dan lemak 2,05%. Energi di dalam 100 gram buah okra 40 kkal. Mineral di dalam buah okra adalah kalium ( 6,68%) dan fosfor ( 0,77%) .

Warna hijau pada sayuran  okra, disebabkan adanya pigmen klorofil. Klorofil memiliki sejuta manfaat karena bersifat antiradang, antimutagenik, antikanker, dan antioksidan. Sebagian antimutagenik dan antikanker, klorofil dapat mencegah kanker hati dan kanker kolon.

Sebagai antioksidan, klorofil dapat mencegah oksidasi kolesterol jahat oleh radikal bebas, sehingga pembentukan plak pada pembuluh darah ( aterosklerosis) dapat dicegah sehingga tekanan darah tidak tinggi. Klorofil juga dapat menyembuhkan luka tanpa disertai pembengkakan.

Maha suci Allah yang telah menumbuhkan okra di Kebun Bidara. Jika Anda ingin menanam okra kebumbidara.com sedia bibitnya, lihat dan order diSINI.

 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Follow by Email-desc:Subscribe for Free to get all our newest content directly into your inbox.