Secang Tanaman Pengaman Kebun


Manfaat pohon secang untuk kesehatan tidak diragukan lagi, disamping itu Secang juga tanaman pilihan untuk pagar kebun, apa alasannya ?


Dalam dunia tanaman terutama perkebunan, tanaman pagar digunakan untuk pengaman tanaman budidaya terutama pohon buah-buahan misalnya jambu, lengkeng, durian, mangga atau kebun agrowisata.   Selain untuk pengaman dari pencurian, tanaman ini juga dipakai sebagai tanda pembatas lahan.
Syarat-syarat tanaman pagar adalah sebagai berikut:
  • Jenis tanaman herba yang tidak tinggi
  • Mempunyai duri tajam
  • Tidak menaungi/mengganggu tanaman budidaya
  • Banyak cabang dan berdaun lebat
  • Kuat tapi mudah diatur
  • Tahan hidup di musim kemarau
  • Lebih baik lagi jika bisa memberi tambahan pendapatan
Jenis tanaman pagar yang biasa dipakai untuk pengaman kebun yaitu:

  1. Secang (Caesalpinia sappan)
  2. Salak (Salacca zalacca)
  3. Klampis (Acacia tomentosa)
  4. Bambu Duri (Bambusa blumeana)
Dari jenis tanaman pagar diatas, tanaman secang adalah tanaman yang paling mudah dibudidayakan, harga benih sangat murah, sangat cocok untuk lahan yang luas, banyak cabang dengan duri yang tajam, tanaman rimbun dan daunnya tidak disukai ternak. Yang lebih menarik manfaat untuk kesehatannya menjadikan tanaman ini bisa dikemersiilkan. 
Cara penanaman secang sangat mudah, cukup dengan membuat lubang tanam dengan tugal (gejig) dengan jarak antar tanaman 20-15 cm.  Ambil biji secang dari buah yang sudah kering berwarna coklat tua. Jemur buah di terik matahari sampai kering dan untuk mengambil bijinya cukup dengan memukul kulit buahnya.  Tanam biji secang satu biji satu lubang, tutup dengan tanah dan sedikit pupuk kandang.  Penanaman paling baik dilakukan menjelang musim hujan.

demikian semoga bermanfaat

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Follow by Email-desc:Subscribe for Free to get all our newest content directly into your inbox.