Doa masuk rumah agar tidak disertai syetan



بِسْمِ اللهِ وَلَجْنَا، وَبِسْمِ اللهِ خَرَجْنَا، وَعَلَى اللهِ رَبِّنَا تَوَكَّلْنَا، ثُمَّ لِيُسَلِّمْ عَلَى أَهْلِهِ

"Dengan nama Allah kami masuk, dengan nama Allah kami keluar, dan kepada Tuhan kami, kami bertawakal.' Kemudian mengucapkan salam kepada keluarganya."

HR Abu Dawud, (4/325), no. 5096. Isnadnya hasan menurut Al-Al'amah Ibnu Baaz Rahimahullah dalam kitabnya Tuhfah Al-Akhyar, namun dinilai dhoif oleh syeih Al-bani Rahimahullah.

Imam Muslim Dalam Ash-Shahihnya merwayatkan hadis dari Jabir bin ‘Abdillah radhiyallahu ‘anhuma, Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda:

bdillah radhiyallahu ‘anhuma, Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda,

إِذَا دَخَلَ الرَّجُلُ بَيْتَهُ فَذَكَرَ اللَّهَ عِنْدَ دُخُولِهِ وَعِنْدَ طَعَامِهِ قَالَ الشَّيْطَانُ لاَ مَبِيتَ لَكُمْ وَلاَ عَشَاءَ. وَإِذَا دَخَلَ فَلَمْ يَذْكُرِ اللَّهَ عِنْدَ دُخُولِهِ قَالَ الشَّيْطَانُ أَدْرَكْتُمُ الْمَبِيتَ. وَإِذَا لَمْ يَذْكُرِ اللَّهَ عِنْدَ طَعَامِهِ قَالَ أَدْرَكْتُمُ الْمَبِيتَ وَالْعَشَاءَ

“Jika seseorang memasuki rumahnya lalu dia menyebut nama Allah saat masuk rumah, begitu pula saat dia makan, maka setan pun berkata (pada teman-temannya), “Kalian tidak ada tempat untuk bermalam dan tidak ada jatah makan.” Ketika dia masuk rumahnya tanpa menyebut nama Allah, setan-pun mengatakan (pada teman-temannya), “Saat ini kalian mendapatkan tempat untuk bermalam.” Dan ketika dia lupa menyebut nama Allah saat makan, maka setan-pun berkata, “Kalian mendapat tempat bermalam dan jatah makan malam.” (HR. Muslim 2018).

Sebagai mana kita ketahui, syetan senantiasa mengincar dan mencari cari kelengahan kita, mereka berusaha masuk, mencri tempat bermalam dan makan bersama manusia yang tidak berdzikir saat masuk rumahnya.
Jika ingin ruamah kita tidak dimasuki syetan jangan lupa berdzikir saat masuk rumah atau mengucapkan doa masuk rumah. demikian pula anggota keluarga yang lainnya termasuk anak kita yang masih kecil hendaknya diajarkan doa masuk rumah atau setidaknya membaca bismillah.

Wallahu a'lam bisshawab

Reffernsi:
- ebook Dzikir Keluar Masuk Rumah serta Syarahnya, didownload dari www.ibnumajjah.wordpress.com
- https://konsultasisyariah.com/28306-baca-doa-ini-agar-setan-tidak-masuk-rumah-anda.html

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Follow by Email-desc:Subscribe for Free to get all our newest content directly into your inbox.