Dikala Sakit Menyapa


Bismillahirrahmaanirrahiim, dengan meminta pertolongan Allah kutulis ini dikala sakit melanada. Apa saja yang berbau dunia terasa kurang nilainya, tidur berebah biasanya mudah kini jadi susah, donat biasanya nikmat jadi agak kesat, apalagi kerja.  semoga bukan pertanda sengsara karena kufur nikmatNya. Allahummaghfirlana.

Teringat artikel ustadz firanda -semoga Allah menjaganya- dengan judul  "hiburan bagi orang sakit" , bahwa sakit demam saja bisa menggugurkan dosa - dosa, bukan hanya satu dosa. apalagi sakit yang lebih dari itu.

Alahmdulillah, bisa ketemu artikel tersebut, seperti ini hadits dan faedahnya :


لاَ تَسُبِّي الْحُمَّى فَإِنَّهَا تُذْهِبُ خَطَايَا بَنِي آدَم كَمَا يُذْهِبُ الْكِيْرُ خَبَثَ الْحَدِيْدِ
"Janganlah engkau mencaci demam, 
karena demam bisa menghilangkan dosa-dosa bani Adam 
sebagaimana alat pandai besi menghilangkan kotoran besi" (HR Muslim no 2575)

Faedah :

1) Demam tdk hanya menghilangkan satu dosa, tapi banyak dosa.
2) jika demam yang biasanya hanya menjadi gejala dari suatu penyakit tertentu (simtomatis ) saja bisa menghilangkan banyak dosa, maka bagaimana lagi yg lebih dari itu. misalnya nyeri, migrain, shock, stroke dan sebagainya ?
3) Kita tidak berharap sakit, akan tetapi jika Allah mentaqdirkan sakit maka hendaknya kita bersabar dan rido dengan keputusan Rob kita yang memberikan terbaik bagi kita,
4) Dosa ibarat kotoran, semakin banyak kita maksiat maka semakin kotor jiwa kita,  ada kotoran yang kita sadari dan yang tidak kita sadari serta dosa yang telah kita lupakan,   terkadang kotoran tersebut langsung hilang dgn istighfar, terkadang harus dgn penyakit dan musibah, mungkin istighfar kita kurang bermutu, atau untuk menghilangkan kotoran yg tdk kita sadari atau kita lupakan,
5) Penyakit yang mendatangkan pahala adalah jika si sakit bersabar menghadapinya,
6)  Dikala sakit melanda ingatlah masih banyak orang yang sakitnya lebih parah dari sakit anda

Refferemsi : https://firanda.com/index.php/artikel/status-facebook/823-hiburan-bagi-yang-sakit

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Follow by Email-desc:Subscribe for Free to get all our newest content directly into your inbox.