Inilah Buah bidara


Bismillahi, masya Allahu la quwaatailla billah, 
Pohon bidara yang terkenal kerena daunnya untuk ruqyah, juga menghailkan buah bidara yang banyak bermanfaatnya. Buah bidara bisa dimakan langung atau di buat olahan. anak kami yang paling kecil sangat suka makan buah bidara yang baru diambil dari pohon di depan rumah, semoga Allah memeberkahi pohon tsb dan menambah manfaatnya.

Buah bidara berwarna hijau (tidak mengkilat) pada saat masih muda berubah warna menjadi kekuningan (mengkilat) jika sudah setengah matang serta berwarna cokelat kemerahan jika sudah masak. Buah bidara yang setengah matang (mengkal) enak dimakan langung, rasanya manis dan renyah, makin tua bertambah manis namun kerenyahannya berkurang. bahkan yang masih mda pun, buah bidara bisa dimakan, hanya aja ada rasa sepetnya. Bagian buah yan dimakan adalah daging buah beserta kulitnya, tidak perlu dikupas, cukup dicuci dengan air bersih saja. Bijinya berada di bagian tengah buah. sangat keras bisa mematahkan gigi jika dipaka mengunyahnya.

Buah bidara mengandung serat yang tinggi, Beta Karoten, Vitamin A, Vitamin C, Lemak, Karbohidrat, Air, Protein, Gula, Zat Besi, Fosfor, Kalsium, Thiamin, Niacin, dan juga Riboflavin. Maka tidaklah heran jika buah bidara disulap menjadi produk kecantikan dan suplemen kesehatan.

Berikut kami sebutkan manfaat buah bidara dilihat dari kandungannya,
  • Kandungan serat yang tinggi dari buah bidara untuk melancarkan sistem dari pencernaan.
  • Sebagai anti piretik (menurunkan panas atau demam)
  • Mengobati anemia, zat besi (Fe) dalam buah bidara bisa meningkakan produksi eritrosit.
  • Klasiun dan Fosfor dalam buah bidara bisa menguatkan gigi dan juga tulang serta mencegah pengeroposan tulang (Osteoporosis).
  • Sebagai anti oksidan, dari kandungan Vitamin C dan Beta korotinnya bermanfaat untuk menghambat kemaian sel sehinga bisa mengurangi;menghambat proses penuaan
  • Membantu memulihkan tenaga dan meningkatkan stamina
  • dan masih banyak lagi manfaat yan Allah subhanahu wataãla selipkan dalam buah bidara .
Demikian lah  kalau Allah menghendaki, dibalik duri yang dibilang tanaman pengganggu oleh orang badwi ternyata banyak manfaatnya.

1 komentar:

  1. Mhn izin copypaste tulisannya ya.
    Trm kasih banyak ilmunya.
    Jazaakumullahu khairon katsiron.

    BalasHapus

Follow by Email-desc:Subscribe for Free to get all our newest content directly into your inbox.