Bedanya Biografi, Otobiografi, Bibliografi dan Antologi

Alhamdulillahi binikmatihi tatimmushaalihaat, begitu mendapat info nulis bareng antologi 'Travel Schooling' di WAG BMHS. Berkat kemudahan dari Allah semata kami bisa mengumpulkan tulisan dalam pekan itu juga, alhamdulillahi wahdah. sebagi follow up nya diminta biografi oleh ibu koordinator. Munaculah keraguan di benak kami, yang diminta biografi apa otobiografi ya ? bahkan bibliografi dari sebuah antologi
Untuk menjawab keraguan tersebut kami tulis beda antara biografi, otobiografi dan bibliografi serta menyinggung sedikit antologi.
  Biografi Biografi adalah riwayat hidup seseorang yang ditulis oleh orang lain. Karena biografi disusun oleh orang lain, dalam menulis biografi biasanya penulis biografi mengandalkan berbagai sudut pandang terkait tokoh serta bermacam dokumen pendukung. Dalam biografi dijelaskan secara lengkap tokoh yang ditulis dari lahir hingga meninggal serta disebutkan juga jasa dan karya yang telah diciptakan oleh tokoh yang digambarkan dalam biografi. 
  Otobiografi Otobiografi atau autobiografi adalah riwayat hidup seseorang yang ditulis sendiri. Otobiografi ditulis berdasarkan ingatan pengaranya sendiri. Jadi jika kita menulis biodata kita sendiri maka biodata yang ditulis dinamakan autobiografi biasa disebut otobiografi.
  Bibliografi Berdasarkan KBBI (Kamus Besar Bahasa Indonesia), bibliografi adalah daftar buku atau karangan yang merupakan sumber rujukan dari sebuah tulisan atau karangan atau daftar tetang suatu subjek ilmu, dan bisa dikatakan bibliografi adalah daftar pustaka. Bibliografi mencakup deskripsi buku yang meliputi judul, pengarang, tahun terbit, nama penerbit, serta kota terbit. 
 Sedangkan Antologi berasal dari bahasa Yunani yang berarti “karangan bunga” atau “kumpulan bunga”, dalam hal ini adalah sebuah kumpulan karya-karya sastra. Antologi bisa dari kumpulan karya-karya tulis yang berasal dari seorang pengarang bisa juga dari beberapa pengarang yang karyanya disatukan menjadi satu buku. Antologi bisa berupa kumpulan puisi (termasuk syair, dan pantun), cerpen, novel pendek, prosa, serta karya lainnya. 
Di masa modern ini terdapat juga antologi yang isinya kumpulan karya musik dari seorang artis dan masih banyak lagi antologi yang isinya tidak hanya tulisan.
Semoga pengertian dasar ini bisa menjawab keraguan kami dan memahamkan kita sehingga bisa membedakan biografi, otobiografi dan bibliograafi.

Tidak ada komentar

Diberdayakan oleh Blogger.