Inilah Daun Bidara


Alhamdulillah atas nikmat iman umur dan kesehatan, sebagaimana niatan kami akan share tentang daun bidara pada postingan tentang pohon bidara yang lalu.

Daun bidara adalah daun tunggal letaknya berseling bukan seperti daun kelor, petai dan sejenisnya. Bentuknya  bulat agak oval, bagian tepinya rata atau sedikit menggigit, bagian atasnya beda dengan bagian bawahnya baik warna maupun teksturnya. Bagian atasnya gundul serta mengkilap dan warnyanya lebih gelap (hijau lebih tua )sedangkan bagian bawah berbulu halus nampak keputihan. Besar kecilnya daun dipengaruhi oleh kesuburan tanah dan kesehatan saat masa petumbuhannya.

Daun bidara yang muda bisa jadikan sayuran, Alhamdulillah nikmat juga, penulis sudah mencobanya. Daun yang tua/dewasa-lah yang digunakan untuk amalan-amalan sunnah dan berbagai manfaat daunbidara yang lainnya.

Bukan hanya daunnya, sejak dari akar pun bidara banyak manfaatnya. silahkan simak artikel kebunbidara sebelumnya http://www.kebunbidara.com/2015/09/manfaat-bidara_6.html.

Tidak ada komentar

Diberdayakan oleh Blogger.