Trending

Mo invest di IKN ? klik aja gambarnya.

Lebih Jauh dengan DevianArt

 

DeviantArt bisa menjadi tempat Anda untuk belajar, mencari referensi, sekaligus mencari job dan membuka peluang menjadikan hobi menggambar sebagai sumber penghasilan.

DeviantArt merupakan salah satu website yang dibuat khusus untuk menjadi wadah para seniman baik digital maupun konvensional untuk memajang karya buatannya. Berbagai macam style gampar pun bisa Anda temukan di sini. Mulai dari style manga, realis, cartoonist, semi realistis, hingga seni abstrak.

DeviantArt pertama kali diluncurkan pada 7 Agustus 2000 oleh Angelo Sotira, Scott Jarkoff, dan Matt Stephens.

Sejak pertama kali diaktifkan, DeviantArt memang dibuat secara khusus untuk menjadi tempat para senimian berkumpul memperlihatkan hasil karya yang mereka buat. Jadi bisa dibilang, situs ini dibuat sebagai media sosial untuk para seniman digital maupun konvensional.

Pada tahun 2006, DeviantArt secara resmi menerapkan sistem lisensi Creative Commons untuk setiap karya yang disubmit atau diposting ke website ini. Sehingga para pemilik karya bebas menentukan bagaimana karya-karya mereka digunakan. Baik itu sebagai karya yang boleh digunakan kembali, maupun karya yang memiliki hak cipta.

Hal ini dikarenakan banyaknya terjadi  pencurian karya secara virtual oleh orang yang tidak bertanggung jawab, mereka menjual karya yang didapatkan dari DeviantArt tanpa mengatasnamakan pemilik yang asli.

Cara Memanfaatkan DevianArt

1. Sebagai Sarana Belajar

Bila Anda ingin menggunakannya untuk belajar, tentu yang harus dilakukan hanya mencari karya yang sekiranya Anda anggap bagus dan pelajari tekniknya dengan mengamati karya tersebut.
Banyak lo pengguna DeviantArt yang membagikan tutorial cara menggambar secara gratis sehingga bisa dipelajari.

2. Sebagi Ladang Penghasilan
Ada beberapa cara untuk mendapatkan penghasilan di DevianArt, diantaranya

a. Membuka Commission

Commision adalah istilah yang sering digunakan oleh para digital artis ketika membuka jasa menggambar apapun yang kliennya mau, selama permintaannya sesuai dengan syarat dan ketentuan dari sang seniman.

Karena Anda harus membuat gambar yang klien inginkan, artinya Anda harus menguasai teknik menggambar objek apapun.

Sebab bisa jadi pelanggan meminta Anda menggambarkan objek-objek yang aneh atau tidak biasa.

Selain itu, Anda juga harus patuh terhadap deadline yang disepakati.

Bila terlewat dan klien marah, bisa jadi commission dibatalkan dan waktu yang Anda habiskan untuk membuat karya tersebut terbuang secara cuma-cuma tanpa hasil

b. Menjadi Influencer dan Mengumpulkan Donate Points

Dengan memposting karya karya Anda sehinggan dilihat banyak pengunjung DevianArt. orang yang melihat dan suka akan karya buatan Anda sehingga untuk mengapresiasinya, mereka memberikan donasi berupa Deviant Points.

Dengan cara ini, Anda tidak perlu berhubungan langsung dengan klien ataupun repot-repot menjual karya yang hanya laku berdasarkan pasar dan tentunya Anda benar-benar bebas membuat karya apapun yang diinginkan.

Selain itu, dengan menjadi influencer dan punya banyak pengikut, Anda juga berkesempatan lebih besar untuk mendapatkan donate point dari pengikut Anda.

Deviant Point Mata uang utama di DevianArt. Jika dikurskan dengan dollar 1 Deviant Point sama dengan 100 Dolar USA.

Untuk mencairkan penghasilan Anda bisa menggunakan Paypall.

Demikian yang bisa kamibagikan, semoga bermanfaat dan menambah wawasan kita tentang Dunia seni digital.

 

Posting Komentar